Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Oilgas

Friday, November 08, 2013 15:58 WIB

Open Access Pipa Dorong Harga Gas Lebih Kompetitif: Pertagas

Ipotnews - PT Pertagas berharap agar open access untuk pipa distribusi gas bisa segera dilaksanakan oleh pemerintah, pasalnya dengan open access bisa membuat harga gas lebih terjangkau, karena fee penggunaan infrasturktur pipa akan ditentukan pemerintah.

"Konsep open access sebetulnya diharapkan akan membuat harga gas dari pengguna gas harian terjangkau harganya. Karena kita selaku perusahaan yang mempunyai infrastruktur hanya mendapatkan fee yang sudah diatur oleh regulator yakni BPH Migas," ujar Direktur Utama Pertagas, Hendra Jaya di Jakarta, Jumat (8/11).

Dengan ditentukannya fee penggunaan pipa oleh pemerintah, maka pemilik pipa tidak bisa menentukan fee semaunya, sehingga pemilik gas bisa menekan harganya lebih kompetitif untuk konsumen yang dituju.

Untuk mendukung open access itu, Pertagas siap melakukan sinergi dengan perusahaan pemilik pipa gas yang lain, karena dengan bersinergi pada akhirnya yang akan mendapatkan manfaat dan konsumen diuntungkan karena harga yang kompetitif. Penggunaan gas pun bisa meningkat menggantikan penggunaan BBM yang harganya lebih mahal. "Kalau kita diminta untuk bersinergi bersama-sama untuk membangun bangsa melalui jaringan distribusi gas dan infrastruktur yang baik tentunya kami mendukung," terangnya.

Sebelumnya, Pertagas telah melakukan open access terhadap seluruh pipa gas yang dimiliki anak usaha PT Pertamina tersebut. Semua pipa Pertagas saat ini sudah bisa dimanfaatkan oleh badan usaha lain yang telah memiliki komitmen pembelian gas.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No 19 tahun 2009, Pertagas siap dan telah melaksanakan aturan ini pada seluruh pipa yang dikelola Pertagas. Bahkan, pipa yang saat ini sedang dalam proses pembangunan juga siap diproses menjadi open access.

Dengan open access tersebut, diyakini mampu menciptakan harga gas ditingkat konsumen yang lebih fair, rasional, transparan, serta sesuai koridor regulasi yang ada. Tersedianya energi gas dengan harga terjangkau bagi seluruh pelaku usaha dan masyarakat tentu akan berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

Selain itu, utilisasi pipa gas juga menjadi lebih optimal yang sama artinya akan memberikan keuntungan yang layak kepada pemilik pipa. Walau telah di-open access, Pertagas menghimbau kepada pemerintah agar lebih serius untuk memperhatikan ketersediaan pasokan gas, jangan sampai pipa sudah siap tapi gas yang akan dialirkan tidak ada.(Rifai/ha)

RELATED NEWS

OTHER NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]